//3 Pelatih Timnas Indonesia Terbaik Era 2000an

3 Pelatih Timnas Indonesia Terbaik Era 2000an

Hits: 229

Halo semua, kali ini saya akan share seputar sepak bola. Yuk mari, berikut 3 Pelatih Timnas Indonesia Terbaik Era 2000an.

1. Peter White

Membawa gaya bermain khas negeri Ratu Elisabeth, mantan pemain Aston Villa tersebut sukses membawa perubahan besar bagi permainan Ilham Jaya Kesuma cs. Formasi tradisional 3-5-2 diubahnya dengan gaya khas Inggris, yaitu 4-4-2.

Sempat menerima kritikan dari Benny Dollo dan Sutan Harhara, nyatanya Withe berhasil menuntun anak asuhnya melaju ke babak final Piala AFF 2004 dengan menggunakan formasi modern itu. Tidak kalah dan tidak kebobolan di fase grup menjadi catatan mengagumkan tersendiri yang mengiringi laju Indonesia ke babak semifinal.

Meski sempat menderita kekalahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada babak semifinal leg pertama dari Malaysia, namun Indonesia sukses membalas dendam dengan skor yang cukup telak, 4-1 di Bukit Jalil pada leg kedua. Sayangnya, performa gemilang skuat Garuda harus terhenti di partai puncak kala berhadapan dengan juara bertahan Singapura. Di babak final itu tim nasional harus menyerah dua kali dengan total agregat 5-2.

2. Ivan Kolev

Sukses dengan gelar Piala Invitasi Brunei Darussalam tahun 2000 bersama Persija Jakarta, Ivan Venko Kolev langsung mendapat amanah untuk menukangi timnas Indonesia. Di bawah asuhan pelatih berkebangsaan Bulgaria itu, tim nasional sukses melaju ke putaran final Piala Asia 2004.

Bahkan dalam gelaran yang berlangsung di Tiongkok tersebut, KolevĀ  mampu membuat Ponaryo Astaman cs berbicara lebih banyak. Ya, kemenangan 2-1 atas tim nasional Qatar pada fase grup membuat namanya di elu-elukan seantero nusantara. Hasil itu bahkan membuat pelatih Qatar saat itu, Philip Trousier langsung dipecat.

Sempat digantikan oleh Peter Withe, Kolev pun akhirnya kembali menukangi Indonesia di ajang Piala Asia 2007. Kendati sempat membuat publik pesimis, lagi-lagi Kolev mampu menyadarkan suporter bahwa tim nasional tidak pantas dipandang sebelah mata.

Meski tidak lolos (lagi) ke babak selanjutnya, namun performa Bambang Pamungkas cs dinilai sukses membangkitkan euforia pecinta sepakbola nasional.

3. Alfred Riedl

Ditunjuknya Alfred Riedl sebagai juru racik tim nasional, dilatarbelakangi dengan keberhasilannya membawa timnas Vietnam lolos pertama kali ke babak perempat-final Piala Asia 2007. Bersamanya, Indonesia (lagi-lagi) hampir menjadi juara di ajang Piala AFF 2010.

Performa gemilang yang ditunjukkan tim nasional saat itu berhasil melumat habis lawan-lawan yang dihadapi, termasuk tim Filipina di babak semifinal.

Namun, hasil positif tersebut tak mampu dilanjutkan ketika bertemu (kembali) dengan musuh bebuyutan timnas di babak final. Akibat kesombongan dari para pemain. Riedl pun sempat dibuat kesal karena para anak asuhnya lebih banyak berperan sebagai public figure, skuat Garuda akhirnya dipaksa menyerah 0-3 pada leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Meski sempat membalas dengan kemenangan 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno, namun tetap Indonesia kalah agregat 2-4 dan kembali (lagi-lagi) mengubur impian untuk menjadi jawara di Piala AFF, dan berada di posisi runner-up.

Originally posted 2018-04-10 20:43:59.